Berita Terbaru :

seleksi mahasiswa baru smbb telkom 2012




Menerapkan Pembelajaran Aplikatif dan Interaktif 

Mempelajari Sistem Informasi yang menjadi bagian Informatika, tidak harus selalu berada di depan komputer. Begitu dibuktikan program studi (prodi) D-3 Teknik Informatika IT Telkom (Institut Teknologi Telkom). Memang prodi ini menerapkan sistem pembelajaran interaktif melalui berbagai permainan supaya mahasiswa tidak bosan. Jika kamu ingin menjadi Ahli Madya Teknik Informatika yang sekarang banyak dicari dunia kerja sekaligus mau happy kuliah di tempat yang fun, prodi D-3 Teknik Informatika IT Telkom bisa kamu jadikan pilihan.

Siapkan SDM Siap Pakai 

Prodi D-3 Teknik Informatika IT Telkom berdiri tahun 1993. Tujuannya, memenuhi kebutuhan SDM bidang Informatika yang siap pakai di dunia kerja. Tak heran, hingga kini lulusannya mencapai angka ribuan. Selain langsung terjun ke dunia kerja, tidak sedikit di antara mereka yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Lantaran banyak alumni yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S-1, akhirnya prodi D-3 Teknik Informatika IT Telkom pun menyesuaikan beberapa mata kuliahnya agar lebih mengakomodasi tuntutan itu. Sebut saja, kurikulum 2004 yang lebih memperhatikan Sistem Informasi diganti kurikulum 2008 yang lebih menekankan kompetensi mahasiswa pada IT (Information Technology) atau Teknologi Informasi. Intinya, kurikulum pendidikan mesti mengikuti perkembangan zaman.

Terakreditasi “A” 

Sebagai calon mahasiswa prodi D-3 Teknik Informatika IT Telkom, kamu perlu tahu status akreditasinya. Pasalnya, akreditasi menjadi bagian terpenting yang mencerminkan mutu program studi di suatu perguruan tinggi.

Prodi D-3 Teknik Informatika IT Telkom kini menyandang nilai akreditasi A berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor : 002/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/V/2010 tanggal 14 Mei 2010. Dengan mengantongi peringkat akreditasi A, prodi D-3 Teknik Informatika IT Telkom dijamin oleh BAN PT sebagai program studi yang memiliki standar mutu “Sangat Baik”.

Pelajari Teknologi Informasi dan Bisnis Telekomunikasi 

Belajar apa saja sih di prodi D-3 Teknik Informatika IT Telkom? Di sini, kamu akan mempelajari penerapan dan pengembangan Teknologi Informasi dalam Bisnis Telekomunikasi. Mata kuliah ini terangkum dalam kurikulum dengan total beban 111 SKS (Satuan Kredit Semester) untuk lama studi enam semester.

Kamu akan bertemu dengan mata kuliah Pemrograman Jaringan, Aplikasi Multimedia, Manajemen Proyek Teknologi Informasi, Interaksi Manusia dengan Komputer, Komputer Jaringan, Komunikasi Bisnis, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Berorientasi Objek, Keamanan Sistem, Pemrograman Web, Matematika Informatika, dan lain-lain.

Sistem Pembelajaran Interaktif 

Keunggulan yang ditawarkan prodi D-3 Teknik Informatika IT Telkom adalah sistem pembelajarannya interaktif dan menerapkan e – learning, serta kurikulumnya berbasis kompetensi yang mengacu pada Computing Curriculla.

Prodi D-3 Teknik Informatika IT Telkom pun menerapkan sistem mata kuliah dengan meningkatkan softskill mahasiswa, antara lain leadership dan team work. Masing-masing mahasiswa disatukan dalam tim untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah dan saling memberikan penilaian, sehingga mereka lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya.

Mahasiswa Wajib Punya Sertifikasi 


Di prodi D-3 Teknik Informatika IT Telkom, kamu bakal dibekali dengan sertifikasi yang dikeluarkan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Telematika. Kewajiban mempunyai sertifikasi ini agar kamu betul-betul siap ketika terjun ke dunia kerja.

Dosennya Friendly 

Kamu tidak perlu merasa sungkan bertanya pada dosen jika kuliah di prodi D-3 Teknik Informatika IT Telkom, karena mereka cukup friendly dan mau membantu kesulitan belajar mahasiswa melalui diskusi terbuka hingga berkomunikasi lewat internet. Ini bakal memudahkan kamu untuk berkonsultasi tentang apa pun yang kamu pelajari di kelas dan laboratorium.

Mahasiswa aktif prodi D-3 Teknik Informatika IT Telkom sebanyak 371 orang serta didukung 14 dosen tetap dan sejumlah dosen luar biasa, sehingga rasio dosen dan mahasiswa cukup ideal di kisaran 1 : 27. Prodi ini dilengkapi 12 laboratorium yang digunakan bersama prodi S-1 Teknik Informatika, di antaranya Laboratorium Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Jaringan Komputer, Artificial Intelligent, Data mining dan lain-lain. Dengan begitu, proses belajar pun menjadi lebih aplikatif dan gampang kamu pahami.

Riset Didukung Laboratorium Lengkap 

Dengan fasilitas laboratorium lengkap, kegiatan riset mahasiswa dan dosen pun cukup padat. Ada 20 grup riset di bawah Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Fakultas Informatika yang diikuti mahasiswa prodi D-3, S-1, dan S-2 Teknik Informatika. Topik yang dibahas dalam grup riset ini mulai Game Development, Artificial Intelligent (AI), hacking, sampai rekayasa perangkat lunak.

Hasil riset grup ini memang masih berupa prototipe dan produk yang belum dikemas untuk kebutuhan komersil, namun sebagian di antaranya sudah dapat dimanfaatkan untuk program pengabdian masyarakat maupun diikutsertakan dalam berbagai lomba. Beberapa kompetisi bidang programming dan software design kerap diikuti mahasiswa D-3 Teknik Informatika, antara lain Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GeMasTIK), Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), INAICTA (Indonesia ICT Award), dan Imagine Cup.

TAK untuk Mengasah Softskill 


Jika kuliah di IT Telkom, kamu akan semakin memahami pentingnya softskill bagi hidup dan masa depanmu. Pasalnya, IT Telkom menerapkan TAK (Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan) bagi mahasiswanya. TAK adalah program unggulan IT Telkom untuk menyeimbangkan otak kiri dan kanan guna meningkatkan softskill seperti kemampuan melakukan inisiatif, proaktif, adaptasi, dan komunikasi secara baik yang memang amat dibutuhkan di dunia kerja.

Cerahnya Peluang Kerja 

Prospek kerja lulusan prodi D-3 Teknik Informatika IT Telkom termasuk cerah. Berdasarkan acuan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM), lulusan D-3 Teknik Informatika dapat bekerja di level mana pun. Profesi yang sering menjadi sasaran bidikan alumni D-3 Teknik Informatika IT Telkom antara lain Programmer, Junior Analyst, Data Administrator, Network Administrator, web designer, web programmer, dan lain-lain. Didukung oleh forum alumni yang eksis dan peduli pada adik2 yuniornya (FAST : Forum Alumni STT Telkom)

Jadi, tak usah berpaling ke lain hati jika prodi D-3 Teknik Informatika IT Telkom sudah bisa memenuhi berbagai mimpi dan keinginan kamu.


Posting Komentar

Kami akan mengkonfirmasi komentar Anda pada alamat ini ketika anda meninggalkan komentar di blog ini. Tinggalkan komentar anda jika perlu.

Daftar Isi

 
Return to top of page Copyright © 2010-2014 | Stelitec Informatika